Bunda Cerdas, Kenali Ciri ASI Berkualitas dari Aroma, Rasa, Warna, dan Teksturnya

Kualitas ASI adalah factor yang menentukan pertumbuhan dan kesehatan si kecil. ASI tidak hanya asupan yang penting bagi bayi tetapi dalam ASI juga terdapat zat yang dapat menjaga imun tubuh si kecil sehingga ia tidak mudah terkena penyakit. Itulah alasan mengapa para ibu lebih baik memberikan ASI ekslusif pada bayi ketimbang mengeluarkan biaya banyak hanya untuk memberikan susu formula pada si kecil. Jika bunda menginginkan sesuatu yang terbaik bagi buah hatinya, bunda wajib tahu ciri ASI berkualitas dari warna, rasa dan teksturnya. Informasi selengkapnya berikut ini.

Warna ASI

Air Susu Ibu tentu saja warnanya berbeda dengan susu formula yang biasanya bunda lihat. Susu yang diproduksi oleh payudara bunda ini memiliki warna putih agak kekuning kuningan. Tidak putih tetapi juga tidak kuning, begitulah ASI dapat dideskripsikan saat melihatnya dari segi warna. Warna ASI yang seperti itu menunjukkan bahwa ASI yang dihasilkan bunda berkualitas. Namun, jika bunda merasa warna ASInya sedikit berbeda apalagi sampai warna ASI menjadi pink muda, bunda perlu waspada karena itu berarti menjadi sebuah tanda bahwa payudara bunda mengalami masalah.

Bau ASI

Siapa bilang jika ASI baunya amis. Ya, kebanyakan orang berpikir bahwa yang namanya susu memiliki aroma yang amis. Bahkan ketika bunda memberikan susu formula kepada si kecil, bau yang bunda hirup pertama kali adalah bau amis. Dalam kenyataannya, ASI yang berkualitas memiliki aroma yang jauh dari kata amis sehingga si kecil saat suka ketika meminumnya. Tetapi, jika bunda mendapati ASInya berbau amis, itu bisa menjadi pertanda bahwa kualitas ASI bunda tidak terlalu bagus. Bisa jadi penyimpanan ASI bunda salah sehingga ASI yang disimpan menjadi amis dan asam.

Tekstur ASI

Ada banyak cara yang bisa bunda lakukan untuk mengetahui kualitas ASI. Kualitas ASI bisa bunda lihat pada saat bunda menaruh ASI pada freezer. ASI yang berkualitas memiliki tekstur yang cair dan tidak ada busa di atas susu. Tetapi, saat kualitasnya semakin menurun, tekstur ASI akan berubah karena cenderung mengeluarkan busa. Ya, dapat dikatakan bahwa ASI berubah seperti sabun. Padahal jika tekstur ASI sudah berubah, maka ASI tidak akan menyehatkan malahan bisa menjadi asupan yang berbahaya bagi si bayi.

Rasa ASI

Ketika bunda ingin mengetahui ASI tersebut berkualitas atau tidak, bunda lihatlah sejenak ketika si kecil menyusu. Saat si kecil menyusui dengan lahapnya dan ia tidak mau melepaskannya, maka itu pertanda bahwa rasa ASI bunda sangatlah enak untuknya. Berbeda ketika si kecil malah rewel saat bunda memberikannya ASI karena rewelnya si kecil bisa menunjukkan bahwa ASI yang dihasilkan bunda kurang bagus. Bisa jadi rasa ASI bunda menjadi asam bahkan pahit karena pola makan bunda yang kurang dijaga. Makanya, saat bunda mengetahui si kecil sering memuntahkan ASInya, itu menunjukkan bahwa kualitas ASI bunda perlu dipertanyakan.

Bunda pintar ternyata yang namanya ASI tetaplah sesuatu yang memiliki kualitas yang berbeda beda. Kualitas ASI biasanya bergantung pada asupan yang masuk di dalam tubuh bunda. Salah satu asupan yang bisa menjaga kualitas ASI adalah produk saripati ayam. Produk ini bukan hanya bertugas untuk melancarkan ASI saja, melainkan juga dapat digunakan pula sebagai penentu kualitas ASI. Jadi, saat bunda mengaku menjadi bunda yang pintar, tak ada salahnya bunda mengkonsumsi produk saripati ayam ini. Kualitas ASI jempolan, bunda pun senang. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *